Every Livin' Things have their Own World

selamat bergabung.............

Sabtu, 25 September 2010

TUGAS 1

BUDAYA BERORGANISASI

Manusia merupakan makhluk sosial yang dapat hidup saling berdampingan satu sama lainnya. Kehidupan bermasyarakat sangatlah berpengaruh dalam pengembangan diri mengenai kehidupan berorganisasi. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak kebudayaan satu sama lainnya. Kehidupan berorganisasi sudah seharusnnya dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari - hari. Biasannya orang yang memiliki jiwa berorganisasi dapat mudah diterima dimana saja. Definisi organisasi,kurang lebih ya kaya gini, terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda.Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya , sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Jika kita berbicara mengenai organisasi dan Indonesia. Bagaikan meminum teh hangat ditemani dengan kudapannnya. Organisasi sudah merupakan bagian dari jati diri bangsa karena indonesia merupakan negara hukum yang berlandaskan pada asas demokrasi. Berbicara soal demokrasi pasti tidak jauh dari organisasi. Awal mula terciptannya demokrasi bermula dari cara hidup masyarakat indonesia yang terbiasa hidup berorganisasi. Contohnnya saja ditiap wilayah, pasti terdapat sebuah organisasi kecil seperti karang taruna, DKM, RT,RW, hingga ke tingkat yang lebih tinggi. Organisasi mahasiswa dapat kita gunakan sebagai langkah awal menuju kehidupan berorganisasi. Dalam berorganisasi kita di ajarkan untuk dapat berkumpul, berpendapat, dan beradaptasi. Biasannya ketika kita sudah terjun di dunia kerja dasar mengenai kehidupan berorganisasi sering dipertanyakan. Mengapa ? karena di dalam dunia kerja kita dituntut untuk dapat membaur dan bekerja secara team work.

Terkadang dalam suatu organisasi pasti terdapat sebuah permasalahan. Permasalahn dalam organisasi dapat timbul karena adannya perbedaan pendapat yang tidak menemukan titik pangkal. Nahhhhhh disinilah yang biasannya menjadi kendala mengapa setiap orang malas untuk berorganisasi. Mereka cenderung menutup dirinya sendiri karena tidak mau terlibat masalah yang terlalu kompleks dalam sebuah organisasi. Negara - negara maju memiliki metode - metode tersendiri dalam berorganisasi. Ada yg lebih cenderung bergerak dibidang ekonomi, sosial,maupun politik, bahkan militer pun ada. Organisasi internasional adalah suatu bentuk dari gabungan beberapa negara atau bentuk unit fungsi yang memiliki tujuan bersama mencapai persetujuan yang juga merupakan isi dari perjanjian atau charter. Contohnnya saja PBB.PBB merupakan salah satu bentuk keorganisasian dalam cakupan besar. Dibawah PBB terdapat organisasi yang setingkat lebih kecil dari PBB, yaitu ASEAN (Association Of South East Asia Nation). Selain itu Indonesia juga memiliki banyak instansi -instansi yang didalamnnya terdapat kehidupan keorganisasian. Maka dari itu Organisasi bisa di sebut juga sebagai sebuah kebudayaan, karena Organisasi dapat kita temui dimana saja dan sudah menjadi landasan bagi terbentuknnya sebuah kemasyarakatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar