Every Livin' Things have their Own World

selamat bergabung.............

Kamis, 25 November 2010

TUGAS 3

KOMUNIKASI

Tugas minggu ini kita akan membahas tentang komunikasi nih. Jadi apa yang akan saya bahas yaaa seputar komunikasi..
okee langsung aja kita membahas arti dari komunikasi itu sendiri. "Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa non verbal". Ya itulah sedikit pengertian tentang komunikasi yang saya kutip dari sebuah situs. Komunikasi juga terdapat beberapa proses, seperti :
  1. Komunikator (sender) yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan orang lain mengirimkan suatu pesan kepada orang yang dimaksud. Pesan yang disampaikan itu bisa berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun lewat simbol-simbol yang bisa dimengerti kedua pihak.
  2. Pesan (message) itu disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya berbicara langsung melalui telepon, surat, atau media lainnya.

media (channel) alat yang menjadi penyampai pesan dari komunikator ke komunikan.

  1. Komunikan (receiver) menerima pesan yang disampaikan dan menerjemahkan isi pesan yang diterimanya ke dalam bahasa yang dimengerti oleh komunikan itu sendiri.
  2. Komunikan (receiver) memberikan umpan balik (feedback) atau tanggapan atas pesan yang dikirimkan kepadanya, apakah dia mengerti atau memahami pesan yang dimaksud oleh si penerima.
Komunikasi pun terbagi kedalam dua macam. Komunikasi yang bersifat abstrak dan komunikasi yang sifatnnya nyata. Menurut saya, komunikasi dapat dilakukan dalam cara apa saja asalkan didalamnnya terdapat sebuah topik dan subjek pembicara tentunnya. Beberapa orang tak menyadari bahwa yang mereka lakukan dalam kesehariannnya merupakkan sebuah bentuk dari interaksi sebuah komunikasi yang secara tidak sengaja terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Interaksi komunikasi terjadi secara alamiah seiring berjalannya waktu. Jika ketika masih kecil kita hannya mampu berbicara beberapa kata, sekarang kita dapat berbicara ribuan kata yang kita serap dari lingkungan sekitar.

Lingkungan memiliki pengaruh besar dalam dunia komunikasi, contohnnya apabila seorang anak indonesia dibesarkan di prancis maka ia akn mampu berbicara perancis karena lingkungannya mendukung ia untuk berbicaara seperti apa yang ada disekitarnnya. Begitupun sebaliknnya, jika seorang anak kecil atau orang dewasa Perancis berada di lingkungan suku sunda maka mereka pun pasti akan dapat berbicara sesuai dengan lingkungan sekitarnnya. Beberapa negara besar tetap memakai bahasa asli negarannya "mother tounge" karena mereka sudah dibiasakkan seprti itu, jadi mereka agak sulit untuk berbicara bahasa lain selain bahasa ibu nnya sendiri seperti jepang, inggris, prancis, jerman, thailand, dan beberapa negara lainnya. Dari tahun ke tahun dunia komunikasi semakin berkembang. Berkat para ilmuan jenius terdahulu kita jadi dapat berkomunikasi dengan sangat baik. Telepon dan telegram membantu banyak dalam dunia komunikasi. Tak hanya manusia bahkan hewan pun mampu berkomunikasi satu sama lain dengan carannya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar