Every Livin' Things have their Own World

selamat bergabung.............

Minggu, 09 Januari 2011

TUGAS 4

KEKUASAAN DAN POLITIK

yaap topik tugas kita hari ini cukup berbobot,,kita akan berbicara masalah kekuasaan dan politik. Namun sebelum lebih jauh lagi kita berbicara mengenai ini,pertama-tama mungkin kita perlu mengetahui apa itu politik dan kekuasaan. ini dia arti dari kekuasaan dan politik itu sendiri yang saya kutip dari Mbah Wikipedia.

Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku (Miriam Budiardjo,2002) atau Kekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang mempengaruhi (Ramlan Surbakti,1992)
  • Kekuasaan bersifat positif

    merupakan Kemampuan yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada individu sebagai pemegang kekuasaan tertinggi yang dapat mempengaruhi dan merubah pemikiran orang lain atau kelompok untuk melakukan suatu tindakan yang diinginkan oleh pemegang kekuasaan dengan sungguh-sungguh dan atau bukan karena paksaan baik secara fisik maupun mental.

  • Kekuasaan bersifat Negatif

    Merupakan sifat atau watak dari seseorang yang bernuansa arogan, egois, serta apatis dalam mempengaruhi orang lain atau kelompok untuk melakukan tindakan yang diinginkan oleh pemegang kuasa dengan cara paksaan atau tekanan baik secara fisik maupun mental. Biasanya pemegang kekuasaan yang bersifat negatif ini tidak memiliki kecerdasan intelektual dan emosional yang baik,mereka hanya berfikir pendek dalam mengambil keputusan tanpa melakukan pemikiran yang tajam dalam mengambil suatu tindakan, bahkan mereka sendiri kadang-kadang tidak dapat menjalankan segala perintah yang mereka perintahkan kepada orang atau kelompok yang berada di bawah kekuasannya karena keterbatasan daya pikir tadi. dan biasanya kekuasaan dengan karakter negatif tersebut hanya mencari keuntungan pribadi atau golongan di atas kekuasannya itu. karena mereka tidak memiliki kemampuan atau modal apapun selain kekuasaan untuk menghasilkan apapun, dan para pemegang kekuasaan bersifat negatif tersbut biasanya tidak akan berlangsung lama karena tidak akan mendapatkan dukungan sepenuhnya oleh rakyatnya.


sedangkan polotik adalah,,
Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu polotik
  • Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:

  • politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
  • politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
  • politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
  • politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.


tuhh kan bnyak banget pengertian-pengertian yang harus kita telaah terlebih dahulu karena topik kali ini agak berbobot, jika kita salah menafsirkan akan berbahaya deh pokoknnya..
jika kita hubungkan kedua kata tersebut menjadi "Kekuasaan politik", akan lain lagi artinnya..
kl menurut saya sih kekuasaan politik merupakan sebuah kemampuan/wewenang yang biasa dijalankan oleh beberapa orang untuk mencapai suatu tujuan. banyak sekali kasus-kasus politik yang terjadi di negara kita. pokoknnya kalo berbicara soal politik takan habis semlam deh heheheh,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar