Every Livin' Things have their Own World

selamat bergabung.............

Rabu, 16 Januari 2013

Penerapan E-Book


1.   Penerapan E-book
Penerapan E-book sudah banyak dilakukan oleh berbagai instansi, baik pemerintahan, pendidikan maupun untuk hiburan. E-book yang akan dibahas adalah E-Book berbasis Pendidikan dan E-Book berbasis hiburan.

a.      E-Book Pendidikan
Tampilan E-Book disamping merupakan salah satu contoh e-book berbasis pendidikan berupa ensiklopedia yang dibuat oleh Milles Kelly. Ensiklopedi e-Book di atas berisi tentang pengetahuan mengenai dinosaurus di zaman prasejarah yang dapat menambah pengetahuan para pembacannya. Selain Ensiklopedia E-book dalam dunia pendidikan banyak contoh lainnnya. Seperti e-book pendidikan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk sekolah-sekolah di Indonesia. Contohnya e-book berbasis pengetahuan lainnya.


e-book tentang mata pelajaran ekonomi


b.     E-Book Hiburan
E-book disamping merupakan tampilan e-book untuk hiburan. Tampilan e-book disamping merupakan salah satu novel Harry Potter karya J.K.Rowling yang sampai saat ini masih di gandrungi para remaja di dunia. Pemanfaatana e-book di dunia hiburan sangat bermanfaat bagi user dan publisher. Karena sebuah publisher tidak perlu mengeluarkan biaya untuk cetak dan memperbanyak novel tersebut malinkan hanya dengan mendownload melalui internet.


Tampilan di atas merupakan contoh lain dari e-book berbasis hiburan berupa dongeng yang didalamnya terdapat beberapa pilihan antara dongeng, fable, dan cerita. Apabila kita memilih salah satu dari kategori tersebut maka tampilan selanjtnya akan berupa daftar judul dari e-book. Dan apabila kita telah memilih judul yang diinginkan maka tampilannya akan masuk ke bagian cerita.

E-book dibuat dalam berbagai macam kategori dimaksudkan agar dari setiap kategori yang di buat menjadi e-book dapat memudahkan bagi pembaca yang datang dari berbagai kalangan dan usia, sehingga memudahkan mereka dapat membacanya kapanpun dan dimanapun.

2.  Kesimpulan
Lahirnya teknologi buku elektronik atau e-book turut pula mempengaruhi dunia pendidikan. E-book  dapat menjadi sarana alternatif yang efektif dalam proses pembelajaran. Tanpa kita sadari perlahan-lahan e-book turut menggeser peranan buku cetak dalam proses belajar di masyarakat.

Penggunaan e-book memiliki banyak manfaat diantaranya e-book memiliki ukuran yang relatif kecil, mudah dibawa, mudah diproses, dan lebih interaktif. Selain itu pendistribusian dan penggandaan e-book yang relatif lebih mudah juga menjadi sisi positif dari penggunaan e-book yang mungkin dapat menjadi pertimbangan dalam menggunakan e-book sebagai sarana ajar dalam proses pembelajaran.

Tetapi disamping memberikan manfaat, penggunaan e-book pun dapat memberikan dampak dan konsekuensi bagi masyarakat luas, baik itu dampak positif maupun negatif seperti mempengaruhi para pekerja di dunia penerbitan selain itutidak meratanya masyarakat yang dapat mengakses internet menyebabkan e-book tidak dapat diakses oleh masyarakat yang mungkin tidak akrab dengan internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar